Beranda > Diarry Ku, Teknik Sipil > Suka duka seorang “ Punggawa Proyek”

Suka duka seorang “ Punggawa Proyek”

Kenapa saya membuat judul “ Suka duka seorang punggawa proyek “, karena beginilah kehidupan nyata yang kami alami, dan mungkin juga yang sobat Rep. Powerplant dimana pun kalian berada juga  alami…sebagai sesama punggawa, dalam payung Rep. Powerplant, karena disinilah kita terbentuk dalam menghadapi berbagai macam persoalan baik, persolan pribadi maupun persoalam team. Dalam menyatukan visi dan misi yang dibentuk dari berbagai macam karakter dan latar belakan yang berbeda. Itulah seninya dunia proyek.

Karena mungkin berguna bagi rekan2 senasib seperjuangan dan sobat2 Rep Powerplant dan generasi penerus semangat engineer, sebagai wacana sebelum benar2 terjun ke dalam dunia Proyek.

————-

Sisi Suka sebagai punggawa Proyek :

  1. Dengan mengikuti proyek, maka bisa dipastikan pula bahwa kita pun turut mengikuti kemana  proyek itu berada dan menambah wawasan kita dengan berinteraksi dengan lingkungan luar yang berbeda karakter dan membangun ulang dengan tim yang berbeda, dan proyek yang berbeda.

  2. Banyak orang bilang bahwa penghasilan orang proyek itu besar. ( besar ataupun kecil masalah gaji adalah relatif )

  3. Dengan bekerja di proyek, kita bisa menambah pengalaman yang tidak kita dapatkan dalam dunia pendidikan, yaitu cara menyatukan visi dan misi dari berbagai karakter yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh, ( sebagai team work ) dan mengambil keputusan cepat disaat itu juga dengan pertimbangan2 yang matang sebagai seorang engineer.

  4. Kita bisa banyak belajar sambil bekerja untuk menimba ilmu yang bermanfaat dan dikemudian hari kita bisa ambil manfaatnya untuk melakukan usaha mandiri. ( menambah wawasan dan relasi kerja )

Sisi Duka sebagai punggawa Proyek :

  1. Kemungkinan besar bila yang masih lajang(bujangan) tidak menjadi masalah untuk meninggalkan kampung halaman dan keluarga dalam waktu yang lama, namun bisa jadi masalah bila yang sudah berkeluarga terutama yang sudah memiliki anak. ( akan diprotes karena jarang dirumah ).

  2. Kebanyakan Proyek menggunakan sistem kalender ( tidak ada hari libur ) dan kerja selama 24 jam non stop, jadi siap siap saja menghabiskan seluruh hidup di proyek.

  3. Belajar dan harus bisa itu yang harus dilakukan dan hukumnya wajib, karena kita bila tidak bisa akan tertinggal dengan yang lain. Karena sekarang banyak proyek sudah menggunakan teknologi yang tercanggih pada saat itu.

  4. Kehidupan bermasyarakat akan berkurang, karena banyak waktu kita dihabiskan di lokasi proyek.

  5. Bagi yang sudah berkeluarga dan di proyek yang jauh, akan lama ditinggal dan mungkin akan pulang setiap 3 bulan sekali dengan libur 10 hari, tetapi dengan proyek yang dekat dengan keluarga ada kemungkinan kita berangkat pagi pagi dan akan pulang larut malam dan anak istri sudah tertidur.

  6. Banyak yang bilang bahwa karyawan Proyek tampak “wow” dalam penghasilan, padahal juga sama saja dengan yang lain. ( bagi yang masih punya moral ).

  7. Banyak yang bilang dan menyebut kita sama seperti “ Bang Toyib” yang jarang pulang rumah, suka minum minuman keras, dan suka main perempuan.

    Adapun itu semua adalah cara pandang kita yang berbeda, dan semoga sebagai punggawa proyek bisa menerima  dan menjalaninya dengan lapang dada, termasuk anggota keluarganya.  Karena suka dan duka pasti akan datang menghampiri kita, dan itu adalah persoalan dan masalah kita, karena kita jauh dari keluarga juga hasilnya untuk keluarga dan tujuan kita adalah baik dan mulia, karena kita seorang engineer sebagai roda dan motor penggerak pembangunan bangsa ini, sehingga negara kita bisa makmur tentunya. Jadi selamat berkarya dan terus berkarya dan Lakukanlah yang terbaik hari ini untuk menjadikan negara kita lebih baik dan maju dengan mengisi pembangunan ini.  Semoga***
  1. 28 Mei 2013 pukul 21:58

    Hi, Neat post. There’s an issue along with your web site in web explorer, could check this? IE nonetheless is the marketplace chief and a good section of other folks will omit your great writing because of this problem.

  2. 10 Juni 2013 pukul 22:23

    Hey there, I think your blog might be having browser compatibility issues.
    When I look at your blog in Ie, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.
    I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, amazing blog!

  3. 12 Juli 2013 pukul 10:23

    It’s appropriate time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you some interesting things or suggestions. Perhaps you can write next articles referring to this article. I wish to read more things about it!

  4. 19 Juli 2013 pukul 15:11

    Good information. Lucky me I ran across your blog by chance (stumbleupon).
    I have book-marked it for later!

  5. audrey
    6 Agustus 2013 pukul 10:53

    good learn

  6. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH.
    6 Agustus 2013 pukul 10:55

    alhamdullillah akhirnya kami berhenti kerja di proyek sehingga sabtu minggu kami bisa libur… kerja diproyek itu sikasaan krn kita ndak bisa berinteraksi sama masarakat!!
    buat yg mroyek: derita Loe…

    • 10 Agustus 2013 pukul 15:33

      Iya Pak Haji……sekarang saya juga sudah pensiun dini dari dunia pryk……jarang bisa berkumpul ma keluarga n interaksi dgn masyarakat……salam kenal n salam sukses.

  7. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH.
    6 Agustus 2013 pukul 10:58

    oya lg 1 :
    KERJA DIPROYEK STRESS MUMET KRN NDAK ADA KARYAWAN CEWEKNYA… XIXIXI

    • 10 Agustus 2013 pukul 15:31

      @PHaji……Iya pak…..dipryk jarang ada team ceweknya
      …..n thanks telah berkunjung….n salam sukses.

  8. 17 Agustus 2013 pukul 01:01

    Link exchange is nothing else however it is just placing the other person’s blog link on your page at proper place and other person will also do same for you.

  9. 17 Agustus 2013 pukul 06:28

    There is a good reason why more and more companies are using blogs to complement their existing company websites.

    article on a parenting blog may have the tags children, homework or homeschool.
    If you want to get articles written and make sure that these are of
    the highest quality, then you should consider researching about the many things that you can do to further improve your writing skills.

  10. 6 September 2013 pukul 01:35

    And the news head of the British position. And so I think they should be inherently tied together.
    9 billion each year. Alike to so-called ‘nationalists’
    in the UK and Turkey in the news month of May as well. As it is a common
    occurrence for most people.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: