Beranda > Tips n Triks > 3 Etiket Penunjang Karier

3 Etiket Penunjang Karier

 

Ilustrasi : Careerealism

 

Setiap lingkungan memiliki etiket yang berbeda demikian pula di perusahaan tempat kita bekerja. Meski terdengar sederhana, kita harus mengikuti peraturan yang umumnya tidak tertulis itu agar sukses di tempat kerja.  
Sebagai anak baru, kita harus memahami betul etiket di tempat kerja sehingga dapat diterima oleh lingkungan yang terasa asing bagi kita. Berikut tiga etiket penting yang harus kita ketahui dan laksanakan sebagai newbies di lingkungan baru, seperti dikutip dari Careerealism, Minggu (27/1/2013).

Berpakaian yang tepat
Perhatikan dengan seksama norma berpakaian yang diterapkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Jika kurang memahami jenis pakaian yang telah ditentukan, bertanyalah kepada rekan kerja atau atasan Anda mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dikenakan saat ke kantor. Dengan demikian, Anda dapat menghindari berpakaian yang tidak pantas dan menjadi bahan pembicaraan di kantor.

Gunakan kata ajaib ‘tolong’ dan ‘terima kasih’
Sejak kecil kita selalu diajarkan untuk menggunakan kata tolong ketika meminta sesuatu maupun mengucapkan terima kasih saat diberikan sesuatu. Dalam dunia, kedua kata ini pun masih memiliki efek luar biasa. Oleh karena itu, pastikan selalu menggunakan kata tolong maupun terima kasih baik kepada bawahan apalagi atasan Anda.
Dengan menggunakan kedua kata tersebut menunjukkan Anda menghormati orang tersebut. Selain itu, menggunakan kata tersebut di setiap kesempatan menunjukkan jika Anda adalah orang yang menyenangkan.

Menjadi pemain tim
Di banyak tempat kerja dan bidang karier, Anda dihadapkan untuk mampu bekerja dengan orang lain. Terkadang memang terasa sulit untuk bergaul dengan kepribadian yang berbeda-beda. Untuk itu, komunikasi menjadi faktor yang sangat penting.
Etiket kantor lain yang harus Anda pahami adalah kemampuan bekerja dengan baik dengan orang lain dan berkomunikasi secara efektif. Luangkan waktu untuk mendengarkan perspektif orang lain. Anda mungkin tidak selalu setuju, tapi kemungkinan Anda dapat belajar sesuatu yang baru dengan bersikap terbuka terhadap perspektif lain dan menghormati pendapat orang lain.
(mrg)

Sumber

Kategori:Tips n Triks
  1. 20 Februari 2013 pukul 16:39

    Pretty great post. I simply stumbled upon your weblog and
    wished to say that I’ve truly enjoyed surfing around your weblog posts. After all I’ll be subscribing for your feed and I’m hoping you write once more very soon!

  2. 9 Maret 2013 pukul 22:44

    Hi! I’ve been following your blog for a while now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from New Caney Texas! Just wanted to tell you keep up the excellent job!

  3. 13 Maret 2013 pukul 00:26

    Heya i am for the primary time here. I came across this board and I find It truly
    useful & it helped me out a lot. I’m hoping to present one thing again and aid others such as you aided me.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: