Beranda > Petuah Bijak > Jadi Pionir

Jadi Pionir

 

maths_pionir1Saya ingin mengajak kita flashback ke belakang, Pada tahun 1903, Harry Andrews, seorang pelatih olimpiade dari Inggris berkata, “Rekor lari 1 mil adalah 4 menit 12,75 detik. Rekor ini tidak akan pernah lagi terpecahkan.” Menurut mereka, rekor saat itu sudah merupakan batas akhir pencapaian manusia dengan menimbang panjangnya tulang, kekuatan otot, susunan persendian manusia. Manusia tidak mungkin akan bisa menempuh jarak 1 mil dalam waktu kurang dari 4 menit. Kalau melebihi kecepatan itu, bisa-bisa paru-parunya akan pecah.

Namun Roger Banister bertekad memecahkan rekor tersebut, meskipun semua orang berkata bahwa hal itu adalah mustahil. Di tahun 1954, akhirnya ia benar-benar menjadi pelari pertama yang memecahkan rekor itu, yaitu 3 menit 59.4 detik. Yang menarik lagi, setelah rekor itu terpecahkan, di tahun yang sama ada dua pelari lainnya yang juga bisa berlari kurang dari 4 menit.

Yang menarik, di tahun berikutnya, bahkan ada 236 pelari yang bisa melakukan hal yang sama. Roger Banister dikenang bukan karena kecepatan larinya, melainkan karena dialah yang menjadi pionir yang menjebol kemustahilan yang dipercayai selama ratusan tahun. Tak dipungkiri menjadi seorang Pionir bukanlah pekerjaan yang mudah. Bukankah kebanyakan orang hanya mau mengalami terobosan, tetapi tidak mau menjadi penerobosnya ? Ya, alhasil mereka hanya menjadi pengikut sejarah dan tidak pernah menjadi seorang story maker.

Hari ini mari kita berdoa dan renungkan, agar bisa menciptakan sesuatu yang baru lewat ide dan tindakan kita. Sehingga kita pun tidak selalu menjadi pengekor atau membeo saja, namun menjadi pribadi yang dapat menciptakan sejarah baru. Mau ?

Sumber

Kategori:Petuah Bijak Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: