Beranda > Tips n Triks > Mencari Lowongan Pekerjaan di Internet

Mencari Lowongan Pekerjaan di Internet

Mencari Lowongan Pekerjaan di Internet

 

Hal yang paling dicari orang saat lulus kuliah adalah lowongan pekerjaan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan supaya dapat pekerjaan dan mendapat updah/gaji. Nah, masalahnya untuk mendapatkan pekerjaan, itu tidak mudah! Faktor keterbatasan lapangan kerja yang tersedia (sementara jumlah pencari kerja lebih banyak) menjadi penyebabnya. Jadinya para pencari kerja harus rebutan untuk mendapatkan lowongan pekerjaan yang terbatas tersebut.

Dahulu, sebelum Internet semaju sekarang, koran adalah media yang paling diburu oleh para pencari kerja untuk melihat/mencari lowongan pekerjaan. Tapi sekarang, dimana Internet sudah menjadi bagian hidup manusia, terutama masyarat urban, membuat sebagian aktivitas manusia, seperti: bersosialisasi, berbelanja, menbaca berita, mencari informasi, termasuk mencari lowongan pekerjaan, telah banyak beralih ke dunia maya (internet).

Ngomong2 soal mencari lowongan pekerjaan di Internet, ada begitu banyak situs di internet yang khusus menyediakan informasi lowongan pekerjaan. Saya gak bisa sebutin satu2 karena jumlahnya sangat banyak. Anda bisa cari sendiri di mesin pencari (google, yahoo, atau bing) dengan kata kunci “Situs Lowongan Kerja” atau cukup dengan “Lowongan Kerja”, maka situs-situs penyedia informasi lowongan pekerajaan akan muncul di halaman hasil pencarian. Silahkan Anda kunjungi situs-situs tersebut untuk mencari lowongan pekerajaan yang Anda inginkan atau yang sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda.

Manfaatkan mesin pencari yang tersedia di situs lowongan kerja tersebut untuk mempermudah Anda mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keingin dan keahlian Anda. Kita juga bisa memasukkan resume atau CV ke situs-situs tersebut, yang nantinya bisa dilihat oleh HRD dari berbagai perusahaan yang juga memanfaat situs-situs lowongan kerja untuk mencari karyawan. Jadi sebelum Anda memulai mencari lowongan kerja di internet, siapkan dulu resume/CV Anda sebaik mungkin, supaya peluang Anda untuk dilirik para HRD Perusahaan, semakin besar.

Selain melalui situs khusus penyedia informasi lowongan kerja, perusahaan-perusahaan besar biasanya memiliki halaman khusus di website-nya yang akan menginformasikan setiap ada lowongan kerja di perusahaan mereka. Jadi kalau Anda sudah memiliki target perusahaan-perusahaan dimana Anda tertarik ingin bekerja, maka sebaiknya kunjungi langsung situs perusahaan tersebut.  Satu lagi, situs2 universitas/kampus pada umumnya juga menyediakan halaman khusus info-info lowongan kerja.

Di jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll, juga banyak yang berbagi informasi lowongan pekerjaan, loh…! So, tidak ada salahnya Anda juga bersosialisasi di dunia maya melalui jejaring pertemanan. Buatlah jaringan pertemanan yang kuat dengan orang-orang yang mungkin bisa memberikan informasi lowongan pekerjaan kepada Anda. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk “menjual diri”. Menjual diri disini maksudnya adalah menunjukkan identitas dan keahlian atau latar belakang pendidikan yang dimiliki, melalui info profile dan melalui status-status yang kita buat. Karena tak jarang orang yang dapat tawaran kerja karena jejaring sosial.

Oke, selamat mencari lowongan pekerjaan di internet. Saya doakan Anda segera mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan keahlian Anda. Salam sukses. Senyum sambil berkedip

 

Sumber : http://tongkonanku.blogspot.com/2011/09/mencari-lowongan-pekerjaan-di-internet.html

  1. 5 Juni 2013 pukul 08:56

    Good information. Lucky me I discovered your
    website by chance (stumbleupon). I have book-marked it for later!

  2. 13 Juni 2013 pukul 14:22

    Excellent article! We are linking to this particularly great content on our site.
    Keep up the good writing.

  1. 10 Desember 2011 pukul 20:26

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: