Beranda > Kesehatan > Cara Menghilangkan Rasa Cemas

Cara Menghilangkan Rasa Cemas

cemas

Berikut ini adalah kiat kita dalam menghadapi pikiran yang stres ataupun cemas dalam kehidupan sehari hari. Cara Menghilangkan Rasa Khawatir Yang Mengganggu antara lain:

Lakukan spa pikiran
Memanjakan tubuh dengan spa jelas akan menenangkan pikiran Anda, namun ada pilihan yang lebih pas, yaitu spa untuk pikiran! Saat ini tersedia musik-musik relaksasi yang memang ditujukan untuk menghantam kekhawatiran. Kumpulan musik ini tidak hanya berisi musik-musik menenangkan namun juga suara lembut narator yang mengarahkan kita melepaskan rasa khawatir dan stres.

Mengkonsumsi mangga
Menurut penelitian di Jepang, gerakan sederhana mengupas, mengiris dan memakan buah mangga yang mengandung komponen bernama linalool, dapat membantu Anda menjadi tenang dengan cepat. Dalam studi yang muncul karena persoalan baru-baru ini, yakni the Journal of Agricultural and Food Chemistry, penelitian menemukan hanya dengan menghirup aroma linalool (seperti pada aroma basil dan lemon) dapat membantu tubuh menghadapi kecemasan yang menyebabkan stress. Cobalah resep smoothie mangga yang lezat ini: dengan sebuah blender campur mangga yang matang dengan 2 sendok makan madu, 125 ml orange juice, 125 ml yoghurt dengan sedikit es batu.

Buatlah buku harian
Kapan terakhir Anda menulis di buku harian? Carol Kryder, Ph.D, seorang psikolog klinis dan ahli kesehatan mental di justanswer.com, mengatakan buku harian mampu menjadi kunci untuk untuk mengurangi emosi. Ia mendorong mereka yang khawatir untuk tidak hanya fokus menulis pada satu hal, tetapi juga menuliskan “skenario terburuk” mereka, ujarnya. Inti di balik tulis menulis adalah mengambil kontrol pikiran. Jika Anda cemas terhadap sesuatu yang mungkin akan terjadi, menulis akan membantu Anda mendaftar hal-hal buruk yang bisa saja terjadi dan apa yang bisa Anda lakukan ketika hal itu terjadi. Anda sendiri yang akan menulis bagaimana Anda menyelesaikannya dan menjadikannya suatu pelajaran yang berharga.

Berlatih menjadi cemas proaktif
Mungkin terdengar aneh, namun mempersilahkan diri sendiri untuk resah mungkin terbaik untuk Anda, kata Erin Munroe seorang counselor kesehatan mental yang telah berlisensi Massachusets. Tapi ada aturannya: gunakan stopwatch. “Sediakan waktu khusus untuk khawatir,” ujar Erin. “Jika Anda berencana untuk khawatir dari jam 4 sampai jam 4.30 setiap harinya, dan Anda mulai menjadi cemas saat jam 3, Anda harus dapat mengatakan pada diri sendiri: “Belum saatnya! Saat untuk cemas adalah jam 4?. Jika Anda telah melewati batas waktu khawatir itu maka teruslah mengingat bahwa sudah bukan waktunya untuk khawatir.

Berbincang dengan atasan
Di saat ekonomi dunia sedang tidak karuan, siapa yang tidak khawatir terhadap pekerjaannya? Menurut Lynn Taylor, seorang ahli workplace dan juga seorang penulis Tame Your Terrible Office,ternyata banyak pegawai di US menghabiskan 19,2 jam setiap harinya (13 jam selama minggu kerja dan 6,2 jam di akhir pekan) cemas akan apa yang akan dikatakan dan dilakukan bos mereka. Betapa banyak waktu yang terbuang! Akhiri perasaan cemas terhadap pekerjaan Anda dengan menjadi lebih proaktif saat bekerja. Namun hal ini juga berarti Anda harus memegang teguh tanggung jawab dan yakin Anda tahu tentang apa yang diharapkan dari Anda.

Gunakan pita karet
Penderita kekhawatiran kronis sering jatuh dalam pola kecemasan tanpa sadar. Contohnya: Anda melihat pisang di toko buah dan ingat bahwa Anda lupa membuatkan roti pisang untuk dibawa anak Anda ke sekolah. Ini membuat Anda berpikir bahwa semua ibu akan menganggap Anda sebagai ibu yang sangat mengecewakan dan membuat Anda berpikir bahwa Anda memang ibu yang sangat buruk. Sebelum Anda melalui proses ini, lakukanlah tips sederhana namun mengejutkan ini. Pakailah pita karet di sekitar pergelangan tangan dan kencangkan perlahan di setiap Anda merasa cemas, ujar Vandana Bhide, MD, seorang dokter ahli penyakit dalam di Florida. Ia mengatakan cara ini akan mengingatkan Anda untuk mengalihkan pikiran.

Nikmati waktu Anda
Pikirkan ini: ketika Anda merasa cemas, biasanya karena a) sudah terjadi (contohnya: kesalahan memalukan saat di kantor) atau b) sesuatu yang terjadi di masa mendatang (contohnya: kemungkinan Anda dipecat). Katakan pada otak Anda dengan menggunakan worry circle . Dengan menggunakan trik ini Anda akan terbantu untuk dapat menikmati waktu Anda. Di waktu lain saat Anda merasa cemas, lihatlah keadaan sekitar, dan fokuslah pada apa yang Anda lihat. Mulailah menyebut nama dan warna objek yang Anda lihat. Contohnya, “Saya melihat kursi berwarna biru. Saya melihat permadani berwarna hijau. Saya melihat bunga lavender”, ujar Lisa Pedersen, seorang psikoterapis. Ketika Anda mengamati saat-saat itu, dengan diikuti dengan kalimat-kalimat yang mampu membuat Anda nyaman, seperti ucapan yang lucu, sesuatu yang Ibu Anda biasa katakan atau sebuah mantra yang memberi Anda kekuatan

Coba pikirkan, ketika Anda khawatir akan sesuatu, biasanya ini tentang sesuatu yang telah terjadi atau sesuatu yang akan terjadi di kemudian hari. Katakan pada otak Anda ‘jangan lagi berkutat di lingkaran kekhawatiran ini’. Lisa Pedersen, seorang psychotherapist, memberi tahu caranya yaitu lain kali jika Anda mulai terjebak kekhawatiran, lihatlah sekeliling dan fokuslah pada apa yang Anda lihat. Mulailah menyebutkan warna atap rumah di depan Anda, warna tas gadis yang melintas, nama bunga di dekat Anda, dan sebagainya. Dan jika Anda mulai merasa jatuh, gumamkan quotes lucu atau frase menarik di film yang menyentuh hati Anda.

Makanlah coklat
Bisakah coklat membuat Anda tidak khawatir lagi? Bisa saja, menurut studi yang dipublikasikan tahun lalu dalam Journal of Proteome Research, para ilmuwan menemukan orang-orang yang memakan satu ons dark chocolate yang kaya anti oksidan setiap hari selama 2 minggu mengalami penurunan hormon penyebab stres dalam tubuh. Menjaga hormon penyebab stres membantu Anda lebih fleksibel dengan kekhawatiran dan lebih siap menghadapi hidup yang berubah-ubah.

Say hello to yoga
Banyak studi yang menghubungkan fitness dengan penurunan stres dan kekhawatiran, namun Sylvia Kalicinski, seorang fitness trainer, mengatakan bahwa yoga bisa menjadi latihan untuk mereka yang selalu pesimis. “Yoga mengajarkan bagaimana cara bernafas dalam rasa cemas, mengarahkan kembali pikiran dan energi Anda menjadi lebih peka terhadap banyak reaksi,” katanya. Yoga membantu pengaturan sistem rasa cemas Anda dan merupakan salah satu alat yang ampuh untuk menghilangkan stres. Selain itu, yoga juga bisa mengubah sudut pandang seseorang dari ‘korban’ menjadi seorang ‘pemenang’.

 

Sumber: http://article-database.co.cc/9-cara-menghilangkan-rasa-khawatir-yang-mengganggu.html

Source : http://www.sobatpc.com

  1. 22 Januari 2013 pukul 00:52

    This is a topic that is close to my heart… Thank you!
    Exactly where are your contact details though?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: