Beranda > Petuah Bijak > Dao De Jing (The Wisdom Of Lao Zi)

Dao De Jing (The Wisdom Of Lao Zi)

Free Download Ebook Gratis Indonesia The Wisdom of Lao Zi Dao De Jing Dao De Jing (The Wisdom Of Lao Zi) 

 

Dao De Jing atau disebut juga Kitab Kebijaksanaan Tao menjadi salah satu buku yang paling banyak diterjemahkan di dunia. Sebuah kitab yang ditulis hampir 2.500 tahun yang lalu oleh Lao Zi, seorang filsuf bijak pertama dan terbesar dalam sejarah Tiongkok kuno, sampai sekarang terus diminati dan menginspirasi banyak orang. Pemikirannya menjadi landasan filosofis bagi Taoisme dan orang-orang yang mencari kebajikan dan makna hidup. Inti dari ajaran Lao Zi ini adalah bagaimana cara menyelaraskan hidup kita dengan cara kerja alam semesta. Berikut adalah beberapa contoh ajaran Lao Zi dalam ebook Dao De Jing ini :

"Umur langit dan bumi itu panjang sekali dapat dikatakan bahwa langit dan bumi itu langgang dan abadi, apakah sebabnya langit dan bumi itu langgeng dan abadi ? Karena tidak hidup untuk diri sendiri, tetapi langit dan bumi menghidupi semua makhluk hidup, semua umat manusia dan semua benda yang ada di dalam semesta alam ini, maka langit dan bumi bisa panjang umurnya. Orang yang luhur budinya tidak menonjolkan dirinya, meskipun ia selalu menempatkan dirinya dibelakang, orang-orang akan senantiasa mengindahkannya dan menghargainya , hingga ia senantiasa menjadi orang terkemuka. Orang yang luhur budinya dapat menghilangkan sifat egoisnya, karena dapat mengalahkan sang aku. Barang siapa yang dapat melenyapkan sang aku bukan berati kehilangan diri sendiri, bahkan sebaliknya menemukan diri sejati."
"Manusia hidup di masa mudanya bertubuh lemas, tetapi setelah mati menjadi kaku dan keras. Segala benda di dunia ini misalnya pepohonan, rumput-rumputan dan sebagainya di waktu tumbuhnya dan hidupnya adalah lemas , tetapi setelah mati menjadi kering dan kaku,maka keras itu adalah sifat dari kematian, sebaliknya kelembutan itu adalah sifat dari kehidupan.Oleh sebab itu dikatakan tentara yang dipersenjatai kuat itu tak dapat mencapai kemenangan. Kayu yang kuat itu digunakan untuk tiang, maka yang kuat itu tempatnya dibawah sedangkan yang lemah tempatnya diatas."

Kategori:Petuah Bijak Tag:
  1. 23 Maret 2013 pukul 18:50

    I’m very happy to find this page. I need to to thank you for your time due to this wonderful read!! I definitely really liked every bit of it and i also have you saved as a favorite to look at new stuff in your website.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: