Beranda > Serba Serbi > Antara Kopi dan Diet

Antara Kopi dan Diet

Antara Kopi dan Diet

Banyak diantara kita terbiasa minum secangkir kopi untuk memulai aktivitas se hari-hari, tetapi jika Anda pernah bertanya-tanya apakah kopi akan berakibat lebih buruk di banding baik, Anda tidaklah sendirian.
Para dokter telah lama berbeda pendapat apakah kopi baik bagi Anda atau tidak selama bertahun-tahun. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi  dapat memicu keguguran pada awal kehamilan dan mendorong serangan jantung. Penelitian lain menunjukkan bahwa kopi dapat memperbaiki penampilan mental dan menyembuhkan sakit kepala.

Tetapi sebagian besar para dokter setuju, kopi tidak selalu berbahaya tetapi resikonya tergantung pada bagaimana kopi itu dihasilkan dan seberapa banyak kita mengkonsumsinya.
Kenyataannya, sebagian besar ahli gizi berpendapat bahwa keuntungan kopi lebih besar dari pada kerugiannya. Dr. Wendy Doyle dari British Dietetic Association mengatakan kopi sering disalahkan untuk banyak hal. “Kenyataannya, kita telah minum kopi selama berabad-abad, tidak ada bukti konklusif yang membuktikan bahwa kopi tidak baik untuk Anda, jika Anda tidak hamil,” ujarnya.
Berikut hal-hal yang sering dipertanyakan tentang kopi :

Apakah kopi dilarang dalam diet ? Penelitian menunjukkan jika Anda memiliki masalah berat badan, Andaa harus mengawasi kafein yang anda konsumsi dari kopi dengan hati-hati. Terlalu banyak kaffein mendorong pankreas mengeluarkan lebih banyak insulin. Ini akan menurunkan kadar gula darah, membuat Anda lapar dan cenderung lebih banyak minum kopi lagi. Ahli diet menyarankan untuk mengurangi minum kopi hanya satu atau dua cangkir kopi setiap hari bila Anda sedang dalam program penurunan berat badan.
Apakah  kopi mengakibatkan kegugupan ? Orang dengan ukuran berat badan yang lebih kecil cenderung lebih sensitive terhadap kopi karena mereka memiliki sedikit darah untuk menyerap kaffein.
Meskipun kopi menimbulkan kegugupan tetapi kopi tidak memiliki resiko kesehatan. Ketika kaffein berpengaruh pada penutupan pembuluh darah, sedikit meningkatkan tekanan darah yang menimbulkan pada “kegugupan.”
Apakah kopi yang tidak berkaffein lebih baik dari kopi yang berkaffein ? Hasil dari suatu penelitian menunjukkan empat cangkir kopi berkafein setiap hari tidak menunjukkan resiko timbulnya rheumatoid arthiritis (RA). Tetapi para peneliti menunjukkan bahwa kopi tidak berkafein malah  memiliki resiko terhadap penyakit RA tersebut.
Apakah kopi timbulkan penyakit jantung ? Bukti menunjukkan bahwa bukan hanya kopi yang tidak baik bagi Anda tetapi bagaimana kopi dibuat. Saat ini, kopi yang dianggap memiliki kemungkinan resiko penyakit jantung paling tinggi adalah kopi saring yang didiamkan selama beberapa jam.
Apakah kopi timbulkan sakit kepala ? Hal ini tergantung seberapa banyak Anda minum kopi dan bagaimana sensitivitas Anda. Orang yang secara teratur sedikit minum kopi (1-2 gelas perhari) lebih kecil resikonya mengalami sakit kepala  akibat kopi ini  dibanding mereka yang teratur banyak minum kopi ( >2 gelas perhari).

sumber : http://www.vision.net.id

Kategori:Serba Serbi Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: