Beranda > Diarry Ku > Perjalanan hidupku Part 5

Perjalanan hidupku Part 5

Ende Flores NTT, 18 September 2008

Setelah lbh kurang 2,5 tahun Tenggarong dan Samarinda Kaltim, perusahaan ku kali ini mendapat kepercayaan lagi untuk sebuah Powerplant 2 x 7,5 MW di daerah Ende – Flores – Nusa Tenggara Timur. Powerplant milik PT PLN ini yang dipecayakan kepada Main Con PT. Rekadaya Elekrika Jakarta yang berConsorsium dengan Shandong Macinery RRC, sebagai upaya pemerintah dalam pencanangan program 10.000 MW.

Perjalanan ke lokasi Proyek dari bandara Sepinggan Balikpapan berangkat sore jam 16.00 waktu setempat menuju bandara Juanda Surabaya. Waktu menunjukkan pukul 16.00 wib, memang ada perbedaan waktu dari Balikpapan dgn Surabaya terpaut 1 jam. Setelah sampai Surabaya melanjutkan perjalanan ke Kupang besok pagi jam 9.00 wib, maka dari itu aku bermalam di Hotel di Surabaya yang dekat dengan bandara.

Keesokkan hari aku kembali ke Bandara untuk melanjutkan perjalanan ke Kupang. Dengan pesawat Mandala tiba di kupang sekitar jam 13.00 Waktu setempat perjalanan dilanjutkan lagi dengan pesawaat Trans Nusa dengan ATR 42. Ini pesawat yang menghubungkan Kupang yang berada di Pulau Timor menuju Bandara Ende yang berada di pulau Flores.

Perjalanan ditempuh dengan penerbangan sekitar 45menit. Setelah sampai bandara Ende tiba pukul 16.00. Perjalanan dilakukan esok hari menggunakan darat dengan mobil sewaan. dan akupun bermalam lagi di sebuah penginapan di kota Ende.  Esok harinya aku lanjutkan perjalanan ke lokasi proyek yang berjarak lbh kurang 98km, tetapi ditempuh dengan mobil sekitar 2,5jam. karena jalanya kecil agak rusak dan berbelok2. Pemandangan sepanjang perjalanan tampak indah….tampak Kanan tebing dibawahnya jurang dengan kedalaman sekitar 20 m lbh.

Disini kami pertama kali datang untuk survay lokasi dgn Mr. Wawan, Mr. Juhair dan aku.

Kota Ende 18 September 2008.

Di Proyek Powerplant ke 6 inilah yang terlama dalam sepanjang Powerplant yang kami selesaikan.  Banyak kejadian kejadian lucu ataupun sedih, gembira dll  yang selama ini kami rasakan disini. Pertama kali aku datang membawa Tim dari jawa sebanyak 50 orang. Kami disini di sambut dengan tanggan terbuka dan penuh sahabat dengan masyarakat setempat. Tiap minggu kami dikasih buah kelapa muda yang memang komoditi utama disini dan banyak sekali tumbuh di daerah Flores selain coklat dan jambu mente.

Hari hari pertama kami disini serinh kami makan buah jambu mente dan di bakar. Rasanya enak betul….

Pemilik Powerplan ini adalah PT PLN Kalinusa ( Wilayah Kalimantan dan Nusa Tenggara ). Dan Main Kon disini adalah PT Rekadaya Elektrika Jakarta yang bekerja sama dengan Pihak Shandong Macinery Energy Company dari China. Sebuah Konsorsium yang bagus karena dari konsorsium ini dibangun 4 unit Powerpalant di Tanjung Balai Kepulauan Riau,  Ende Nusa Tenggara Timur, Kendari di Sulawesi Tenggara dan Tidore di Maluku Utara. Dalam hal ini Powerplant 6 Ende yang sepagai Pilot Project karena menggunakan 60 % Lokal Indonesia dan 40% Asing ( Luar Negeri ) dari sini hanya unit Turbin saja yang dari China.  Untuk Unit Boiler dari PT DEN ( Dinamika Energi Pratama ) Surabaya. Termasuk Supervisinya darri negeri sendiri. Termasuk perencanaan dari PT Rekadaya dan Supervisi Konsultannya dari PT Amityas Emka Jakarta. Disini kami bekerja sama untuk selesaikan Powerplant ini.

Selain itu ada Tim dari JSE ( PT Judhi Sakti Enginering ) dgn Bp Syaiful Dkk yang dipercaya untuk Instal turbin dan Acsesorisnya. Kami sudah bertemu dgn PT JSE lebih dari sekali dengan Powerplant yang berbeda dan selama ini kami berhasil.

Tak terasa kami sudah hampir mendekati 3 tahun sejak tanggal 18 September 2008 berada di sini. Menurut jadwal dan Scedulnya Akhir tahun 2011 ini harus keluar Powernya atau Listriknya untuk daerah Ende dan Maumere ( Kab. Sikka ).

1. Vinsen sius
    29 Januari 2012 pukul 20:59

Sy sekarang kerjha di sebuah prusahan swasta sbgai mekanic di bagian boiler…klu di perusahmn bapa da lowongan hub sy..

• 1 Februari 2012 pukul 23:58

Terima kasih atas kunjungannya Mas Vincen, Insa Allah akan saya hub karena perusahaan saya bergerak di bidang sipil dalam pengerjaan proyek2 powerplant…terima kasih dan salam kenal.

2. 30 November 2014 pukul 20:46

Wah mas jadi haru aku bacanya, begitu besar jasamu buat negeri ini mas. Tp KSK kok gak disebut yah..? hahaha tetap semangat mas

• 30 November 2014 pukul 23:07

Mas Soejai……Bagaimana kabar? Tetap semangat punggawa rep powerplant……